Cantik & Cepat Sapi Madura

Kompetisi karapan sapi terbesar di Pulau Madura tahun ini kembali digelar. Kerapan sapi diikuti sebanyak 24 pasang Sapi yang berasal dari empat Kabupaten di Madura, Bangkalan, Sampang, pamekasan dan Sumenep.Kegiatan yang memperebutkan Piala Presiden itu masuk dalam salah satu tempat di Visit Indonesian Year 2008.
Pemerintah setempat menyiapkan berbagai kegiatan menarik sebagai rangkaian kegiatan yang dinamai Kerapan Gubeng itu, antara lain, Pameran Bunga Nasional, yang berisi tentang pameran berbagai macam bunga dari seluruh pelosok negeri. Kegiatan lain bernama Semalam di Madura yang menyajikan berbagai macam kesenian baik tari, musik maupun hasil seni seperti batik khas Madura.

Kompetisi Sapi Sono yang juga disajikan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Kerapan Gubeng.. Berbeda dengan kerapan sapi yang melombakan kecepatan berlari, Kompetisi sapi betina itu melombakan kecantikan dan keserasian langkah, gaya berjalan sapi jika dipadukan dengan musik pengiringnya.
Sapi-sapi itu,umumnya berkulit mulus serta bertabur hiasan berwarna keemasan di bagian leher dan kepala. Sapi-sapi yang dilombakan akan berjalan lenggak-lenggok di hadapan juri. Semakin seksi lenggak lenggok sapi dan semakin sesuai dengan irama musik pengiring, semakin berpeluang menjadi sapi sono terbaik yang nantinya akan melambungkan harga. Harga sepasang sapi sono yang sudah terlatih bisa mencapai sekitar 80 jutaan.

Foto/naskah : Wirawan Dwi